Rabu, 13 Juni 2012

tips sukses



Hal pertama yang penting dalam membangun bisnis adalah bagaimana cara mengumpulkan dana dari investor. Mengenai itu, Tom punya beberapa tips yang diperoleh dari pengalamannya jatuh-bangun mengembangkan bisnis startup.

Pertama, carilah uang saat Anda sedang tidak memerlukannya. "Seperti pacar saja, carilah ketika Anda sedang tidak butuh. Ketika Anda butuh nantinya, Anda tak akan perlu mencari lagi. Ini lebih mudah ketimbang berusaha mencari saat Anda sedang terdesak kebutuhan," katanya menjelaskan alasan.

Tips kedua, tarik satu investor dan yang lainnya akan mengikuti. Menurut Clayton, para investor besar memiliki "herd mentality" dan sangat kompetitif antara satu dan yang lainnya. "Artinya, begitu Anda berhasil menarik satu investor, yang lainnya akan segera datang mendekati Anda," tandas Tom.

Ketiga, carilah brand yang lebih besar terlebih dahulu. "Bisa dapat dana lebih besar, tapi Anda harus meyakinkan," katanya.

Tips keempat dari Clayton adalah jangan terlalu banyak keluarkan dana, begitu berhasil didapat. Tom mengatakan bahwa menghemat dana tidak kalah penting dengan usaha mendapatkannya. "Supaya cadangan modal tetap terjaga."

Tentang model bisnisnya sendiri, Tom menyarankan para startup untuk fokus pada satu jenis produk layanan saja. "Lebih baik bagus pada satu hal daripada bisa melakukan banyak tapi biasa-biasa saja. Pokoknya keep it simple," jelas Tom.

Satu hal lain yang bisa membantu adalah keunikan jenis produk atau layanan. "Banyak dari mereka yang sukses adalah para startup yang mengembangkan ide-ide original, bukan sekadar copycat," ungkapnya. Keunikan ini bisa membuat suatu perusahaan menjadi menonjol dan berbeda dibanding lainnya.

Terakhir, Clayton mengatakan, "Jangan takut gagal meski mengalami keadaan sulit, percayalah bahwa hari esok akan lebih baik dari hari ini."

Tom Clayton memulai dan memiliki beberapa bisnis startup. Sekarang dia menjalankan situs layanan social messaging service berbasis SMS Bubbly lewat Bubble Motion yang didukung sejumlah investor termasuk Sequioa Capital, Singtel, dan Innov8.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, komentar yang tidak menggunakan NAMA, menyisipkan Link dalam komentar tanpa tujuan jelas dan komentar yang tidak ada hubungan dengan artikel akan dihapus otomatis